Monday, June 28, 2010

Memilih Catering Murah Meriah (tapi gak murahan.. tetepp..)

Catering adalah salah satu hal paling krusial dalam melaksanakan pernikahan. Kriteria utama adalah makanan yang enak, jujur dan pelayanan yang baik. Kenapa jujur penting? Karena banyak catering yang "curang" dalam hal porsi makanan, bilangnya 500 porsi, padahal cuman 400. Selain itu pelayanan yang baik bisa terlihat dari cara pelayannya menyajikan makanan. Ada catering yang pelayannya kurang sigap, piring kotor bertumpuk di mana-mana, makanan di buffet sudah acak2an tapi tidak dibereskan, air putih di gelas sudah habis tidak diisi ulang, dan lain sebagainya.

Kalau kamu sudah memilih gedung, ada baiknya pilih catering yang sudah rekanan dengan gedung, artinya dia sudah terbiasa dengan layout gedung itu dan sudah cukup kenal dengan pengelola gedung, sehingga meminimalisasi hambatan operasional pada hari H. Masalah mana yang perlu duluan, gedung apa catering, sebenarnya masalah mudah. Kalau kamu sudah ada gedung yang naksir, tinggal kamu tanya catering yang rekanan mereka apa. Sebaliknya, kalau kamu sudah naksir dengan catering tertentu, tinggal kamu tanya gedung rekanan mereka dimana saja. Kalau belum ada dua2nya, bisa sambil survey dua2nya kok, survey tempat dan survey catering. Mana yang lebih dulu kamu sreg aja.

Dalam memilih catering, test food adalah hal yang utama. Harus datang untuk lihat performance cateringnya langsung dan mencicipi makanannya. Jangan langsung percaya omongan orang, selera orang soalnya berbeda kan, yang enak menurut orang lain, mungkin biasa aja menurut kamu. Saat datang test food, kamu bisa masuk ke acara dengan menyamar sebagai tamu dan lewat depan (tentu saja dengan ikut memberikan ang pao, jangan sampai enggak yah..!) atau lewat belakang, janjian dengan marketing catering tersebut untuk test food. Beberapa catering menyediakan test food khusus pada setiap acara, agar tidak mengganggu jalannya acara. Saran saya, jika ini adalah kali pertama kamu test food untuk suatu catering tertentu, kamu lewat belakang saja, karena tujuan test food pertama adalah mencicipi makanannya. Kalau kamu sudah sreg dengan makanannya, kamu bisa tanya jadwal berikutnya dan masuk dari depan untuk lihat dekornya. Jangan panik kalau beberapa kali test food masih belum sreg juga, catering sekarang banyak sekali kok, dan pasti ada catering yang berjodoh denganmu somewhere out there.. Hehehe.. Jadi jangan menyerah untuk mencari catering yang perfect untukmu.

Yang perlu diperhatikan saat test food :

1. Rasa makanan tentunya. Kalau kamu udah sreg saat test food pertama, coba datang kedua kali dan tiga kali untuk make sure rasa makanannya sama dan konsisten.

2. Porsi makanannya, biasanya terlihat saat pesta sudah mau habis (kalau malam, lewat jam 8, kalau siang, lewat jam 1), apakah masih ada makanan di buffet? Apakah masih ada makanan di gubug?

3. Kesigapan pelayan, baik untuk buffet maupun gubug. Cek apakah pelayan cukup sigap untuk mengangkat piring kotor? Mengisi makanan buffet saat sudah kosong? Mengisi gelas air? Untuk di gubug, apakah gubug ada pelayannya? Apakah pelayan memberikan porsi kepada tamu atau membiarkan tamu mengambil sendiri?

4. Dekorasi, cek apakah dekorasi buffet dan dessert bagus dan rapi? Apakah taplak untuk meja buffet dan gubug cukup rapi atau berantakan? Apakah bunga2 dekorasi segar atau layu atau bahkan pakai bunga plastik?

5. Pelaminan (jika ingin mengambil paket), lihat apakah pelaminannya sesuai dengan keinginan kamu?

Kalau makanannya sudah sesuai dengan selera kamu, tapi di hal2 lain kamu melihat masih ada yang kurang, jangan langsung mencoret catering ini keluar dari list kamu, tapi coba tanyakan kembali ke marketing / ownernya. Siapa tahu itu adalah sesuatu hal yang masih bisa dibereskan oleh sang owner.

Catering sendiri dibagi dalam beberapa zona harga, biasanya kamu bisa lihat dari harga buffetnya :

1. Zona atas : harga buffet per porsinya di atas 50,000 rupiah / person. Apabila mereka punya paket pernikahan, biasanya untuk paket 500 orang sekitar 50 juta.

2. Zona menengah : harga buffet per porsinya di antara 30,000 - 40,000 rupiah / person. Apabila mereka punya paket pernikahan, biasanya untuk paket 500 orang sekitar 30 juta.

3. Zona bawah : harga buffet per porsinya di bawah 30,000 rupiah / person. Untuk paket pernikahan biasanya untuk acara di rumah, bisa di bawah 20 juta untuk 500 orang.

Balik lagi, semua disesuaikan dengan berapa kamu budgetkan untuk makanan. Kalau saya, lebih prefer yang zona menengah, karena banyak catering di zona harga ini yang makanannya enaaaaakk dan dekorasinya bagus, tinggal pinter2nya kita milih aja.

No comments:

Post a Comment